Konsultan ipal, ipal rumah sakit, ipal rs, konsultan lingkungan hidup

excellent solution for water and wastewater treatment

Limbah Rumah Sakit

Tinggalkan komentar

 Konsultan Ipal Rumah Sakit

peningkatan jenis pelayanan rumah sakit yang makin kompleks bisa menjadikan rumah sakit sebagai sumber distribusi penyakit apabila limbah yang dihasilkannya tidak dikelola dengan baik dan tepat. Limbah yang dihasilkan rumah sakit dapat berupa limbah padat, cair, dan gas yang sebagian merupakan limbah klinis dan non-klinis sehingga berpotensi dalam penyebaran penyakit.

Menurut keputusan menteri lingkungan hidup no. 58 tahun 1995, sebagian limbah rumah sakit berkategori limbah cair yang berbahaya dan beracun sehingga merupakan salah satu sebab buruknya kondisi sanitasi di lingkungan rumah sakit. Dampak negatif lainnya sebagai akibat dari limbah rumah sakit yang belum ditangani dengan baik adalah gangguan kesehatan dan keselamatan kerja personil di rumah sakit. Ini disebabkan oleh komponen infection waste yang ditunjukkan oleh kandungan mikroba patogen, zat kimia atau radiasi dengan limbah sebagai media perantaranya.

Untuk menangani air limbahnya, rumah sakit diwajibkan oleh pemerintah menyediakan fasilitas ipal sebelum air limbahnya dibuang ke badan air penerima. Oleh sebab itu, perlu dirancang instalasi pengolahan air limbah (ipal) yang mampu mereduksi, menurunkan kadar pencemar ke taraf baku mutunya sehingga menjamin kelestarian fungsi ekosistem. Ipal ialah sistem pengolah yang mampu menurunkan kandungan pencemar air limbah yang berpotensi mencemari lingkungan sampai batas yang disyaratkan pemerintah. Tujuannya, mengurangi dampak buruk polutan di dalam air limbah dan mengendalikan pencemaran lingkungan.

Upaya pembuatan ipal ini berlandaskan pada uu no. 20/1990 tentang pengendalian pencemaran air (pasal 17) yang bunyinya “setiap orang atau badan yang membuang limbah cair wajib menaati baku mutu limbah cair sebagaimana ditentukan dalam izin pembuangan limbah cair yang ditetapkan baginya.” Peraturan lain yang berkaitan dengan pengelolaan air limbah rumah sakit ialah undang-undang republik indonesia no. 23/1992 tentang kesehatan, peraturan menteri kesehatan no.173/menkes/per/viii/1997, tentang pengawasan pencemaran air dari badan air untuk berbagai kegunaan yang berhubungan dengan kesehatan, Konsultan Ipal Rumah Sakit keputusan direktur jenderal ppm dan plp no. Hk.00.06.6.44 tentang persyaratan & petunjuk teknis tatacara penyehatan lingkungan. Undang-undang dan peraturan lainnya yang mewajibkan rumah sakit memiliki ipal adalah uu no. 44/2009 tentang rumah sakit, permenkes no. 147 tahun 2010 tentang perizinan rumah sakit dan kepmenkes no. 1204 tahun 2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit.

Sumber air limbah

Air limbah rumah sakit adalah semua air limbah yang dihasilkan di dalam area rumah sakit, baik dari unit pelayanan medis, penunjang medis maupun dari unit nonmedis atau bagian umum. Berdasarkan sumbernya itu maka air limbah rumah sakit dapatlah dikelompokkan menjadi empat bagian.

  1. Air limbah bersifat domestik. Air limbah ini berasal dari kamar mandi, dapur, air limbah cuci pakaian. Air limbah ini banyak mengandung zat organik.
  2.  Air limbah medis. Air limbah ini berasal dari kegiatan medis rumah sakit seperti pembersihan luka, sisa-sisa darah, dll. Ini pun kaya zat organik.
  3.  Air limbah laboratorium. Air limbah ini berasal dari laboratorium sehingga banyak berisi logam berat. Air limbah ini sebaiknya diolah terpisah dengan air limbah domestik dan medis. Air limbah laboratorium ini dapat ditampung untuk selanjutnya diproses secara khusus. Setelah itu barulah efluennya dialirkan bersama-sama dengan efluen air limbah lainnya.
  4.  Air limbah kedokteran nuklir. Jenis limbah ini Jasa Konsultan Ipal termasuk buangan berbahaya dan beracun (b3) sehingga perlu ditangani secara khusus.

Sumber air limbah rumah sakit

  1. Perawatan: kamar mandi, wc, wastafel
  2. Bedah: wastafel dan air limbah cuci alat, cuci tangan, zat kimia, obat.
  3. Laboratorium: wastafel, air limbah cuci alat & tangan, cairan kimia, obat.
  4. Poliklinik: wastafel, air limbah cuci alat, cuci tangan, cairan kimia, obat.
  5. Farmasi : wastafel, air limbah cuci alat, Konsultan Air Bersih cuci tangan, cairan kimia, obat
  6. Radiologi: wastafel dan air limbah cuci film, zat kimia.
  7. Igd: wastafel dan air limbah cuci alat, cuci tangan, cairan kimia, obat.
  8. Dapur: wastafel dan air limbah masak-memasak di dapur
  9. Laundry: wastafel dan mesin cuci-laundry.
  10. Kantor: kamar mandi, wc, wastafel
  11. Kantin: wastafel dan air limbah masak-memasak, cuci-mencuci di kantin
  12. Km/wc umuml kamar mandi, wc, wastafel

semoga artikel ni dapat bermanfaat

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s